Minggu, 19 Mei 2013

CARA PERAWATAN DAN PENYEMBUHAN CEDERA "ANKLE"

cara menyembuhkan cedera engkel

   (( See my Instagram at https://www.instagram.com/ajibondhan_k/ )) or ID= aji bondhan kottama ☺:) "Cedera ankle" , anda yang suka berolah raga pasti sering mendengarnya, bahkan mengalaminya. aku pun baru saja mengalaminya, tapi tidak terlalu parah sih. cedera ini akan sangat menjengkelkan jika kita mengalaminya bertepatan dengan adanya suatu pertandingan, pasalnya kita tidak  akan bisa memperkuat tim saat sedang menderita cidera ini, apalagi saat turnamen, baik futsal, basket, badminton, maupun olahraga lainnya.
Ada apa dengan cedera engkel?
Daerah pergelangan kaki itu tempat bertemunya tiga tulang, tulang kering (tibia), tulang kaki (fibula), dan talus (tulang telapak) yang dihubungkan oleh ligamen otot.


Saat ligamennya mengalami over-stretching atau peregangan berlebihan, itulah yang menyebabkan cedera. Saat cedera, pembuluh darah di sekitar kaki "bocor" (bochor... bochor...), sehingga terjadi peningkatan aliran darah, sel darah putih jadi banyak dan terjadi peradangan. Saraf di sekitarnya bakalan lebih sensi, sehingga bahlan nyeri kalau kita tekan-tekan.
Kenapa bisa cedera?
Penyebab utamanya adalah gerakan yang salah, bisa gara-gara salah tumpuan saat berlari dan bergerak atau pendaratan saat melompat. Kepleset juga bisa.

     Pada dasarnya cedera engkel ada 2 jenis, yaitu strain ankle dan sprain ankle injury.
Strain Angkle terjadi ketika otot atau tenden kita terlalu renggang.
Sedangkan Sprain Angkle, merupakan cedera yang lebih serius, dimana terjadi ketika ada peregangan pada ligamen (jaringan ikat yang menghubungkan antar tulang).

Mayoritas cedera engkel/angkle adalah Sprain dimana 85% orang mengalaminya. Dan 45%-nya terjadi ketika berolahraga, salah satunya futsal.
Kebanyakan cedera engkel (sekitar 85%) adalah inversion injury yaitu kaki tertekuk ke arah dalam, sehingga terjadi peregangan pada ligament bagian luar. Ini biasa terjadi ketika kiper menangkap bola sambil melompat dan tumpuan atau pijakannya salah.

ankle injury 2 4 Langkah Penangan Cedera Engkel / Keseleo

Sedangkan cedera engkel karena kaki tertekuk ke arah luar jarang terjadi, dikarenakan posisi anatomis kaki kita.
Dalam menangani cedera engkel sering kali kita sebagai teman, malah menekuk kakinya seperti orang yang terkena kram hal ini malah bisa dikatakan salah.
Karena sebenarnya ada 4 langkah penangan yang benar untuk cedera engkel, langkah-langkahnya seperti yang telah saya sebutkan di atas, RICE.
  • Rest atau Istirahat

Mengistirahatkan kaki yang cedera dari berbagai pergerakan yang tidak penting atau berlebih merupakan langkah awalnya, terutama dari gerakan-gerakan menjadikan kaki penahan atau penopang.
  • Ice atau Es

    ankle ice 4 Langkah Penangan Cedera Engkel / Keseleo
Kompres bagian yang cedera dengan es, hal ini dilakukan untuk mengurangi bengkak. Lakukan pengkompresan selama 20 menit tiap jam, selama bagian yang cedera masih terlihat bengkak.

Compression atau Balut/bebat

 4 Langkah Penangan Cedera Engkel / Keseleo

Bebat engkel yang cedera berguna untuk meminimalisir terjadinya pergerakan pada engkel. Bebat dengan rapat namun tidak erat. Jika karena bebat malah bertambah bengkak maka SEGERA kendurkan/renggangkan.
  • Elevation

    ankle elevation 4 Langkah Penangan Cedera Engkel / Keseleo
Kaki diletakkan di atas letak jantung selama 48 jam pertama. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir bengkak dan memar pada bagian yang cedera (engkel).
RICE: Rest, Ice, Compression, Elevation merupakan 4 langkah dalam penanganan pertama pada cedera engkel atau keseleo engkel
Selain itu, bisa diberikan obat pereda rasa nyeri. Tentu penggunaannya harus sesuai instruksi dokter. Kalau saya pribadi biasa menggunakan salep Counterpain.
Cedera Engkel biasanya sembuh antara 2-6 minggu, namun jika tergolong parah cedera engkel memerlukan waktu pemulihan 12 minggu dan memerlukan fisioterapi.
Namun yang perlu ditakutkan, adalah ketika ternyata cedera engkel yang kita alami sudah kambuhan, maka bisa jadi akan dilakukan tindakan pembedahan untuk pemulihannya.

Gimana pencegahannya? Atau supaya engkel kita tidak kambuh lagi?
Simpel! Pemanasan aja bro! Meski sering dianggap gak penting oleh atlet abal-abal, tapi tetap merupakan syarat utama pencegahan cedera apa pun. Selain itu, kita dapat melakukan latihan ankle exercise, latihan untuk engkel kaki kita. Ada latihan fleksibilitas, latihan keseimbangan, dan latihan kekuatan (berjalan dengan kaki berjinjit)

semoga yang sedang mengalami cedera ankle ini cepat sembuh,,  thanks for read.




Download GAME dan APLIKASI lainnya :






29 komentar:

  1. makasih banget gan infonya. saya salah jatuh posisi kaki saat pertandingan futsal. kaki kiri saya mendarat ke bagian luar namun terjadi 4 pembekakan. yaitu pada telapak, mata kaki, engsel pada jempol dan punggung kaki. cedera ini sudah berlangsung selama 2 hari. kira2 menurut anda bagaimana cara untuk menghilangkan pembengkakan pada telapak kaki? karena ini yang membuat saya sangat susah sekali untuk berjalan.

    terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk menghilangkan pembengkakan dapat dikompres dengan air dingin,
      karena air dingin akan menyebabkan vasokontriksi pada pembuluh darah, sehngga rasa nyeri dan bengkak akan berkurang

      cara ini dilakukan secara berulang - ulang untuk mendapatkan hasil yang maksimal..
      Terimakasih.

      Hapus
  2. Makasih gan infonya. Sebelumnya kaki saya pernah cedera di ankle dan saya ke dokter lalu dia kasih tau metode RICE ini. Kemudian beberapa hari lalu kaki saya mengalami cedera yg sama lagi dan saya lupa kepanjangan RICE ini. Terima kasih saya jadi ingat lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, untuk mencegah kambuh lagi, setelah sembuh harus dilakukan exercise pada kaki yang cidera sehingga otot dan ligamennya menjadi kuat. thanks,,

      Hapus
  3. Terimakasih info nya.karna saya sedang mengalami engkel ketika ber olahraga skateboard.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan, memang seharusnya sebelum olahraga dilakukan pemanasan terlebih dahulu, sehingga kita bisa tahu apakah tubuh kita sudah siap atau tidak.
      thanks,,,

      Hapus
  4. Informasinya sangat bermanfaat gan, i like :)

    BalasHapus
  5. siipp lanjutkan,, saya juga sedang cidera ankle, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  6. Gan ini kaki saya juga ankle tpi tulangnya sampai pindah Gara" main basket jatuhnya salah solusinya Kira".Sama atau ada yang Baru nih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sampai ke tulangnya, sebaiknya dibawa ke dokter saja gan, daripada bertambah buruk ,
      itu harus dilakukan penanganan oleh ahlinya.
      thanks.

      Hapus
    2. gan kalo siap operasi pasang pen di engkel kaki,udah 1 minggu masih bengkak aja nih..dokternya minim penjelasan saya juga kadang lupa mau tanya2..bengkaknya itu macam darah ngumpul coz warna kulit sampai hitam.
      yg mau saya tanyakan untuk ngilangin bengkaknya gimana yaa..
      lalu apa sebaiknya saya mengurangi pergerakan di kaki setelah pasang pen itu?ada yg bilang harus di gerakin kakinya/terapi supaya bentuk kakinya bisa normal kembali..
      trims

      Hapus
    3. gan kalo siap operasi pasang pen di engkel kaki,udah 1 minggu masih bengkak aja nih..dokternya minim penjelasan saya juga kadang lupa mau tanya2..bengkaknya itu macam darah ngumpul coz warna kulit sampai hitam.
      yg mau saya tanyakan untuk ngilangin bengkaknya gimana yaa..
      lalu apa sebaiknya saya mengurangi pergerakan di kaki setelah pasang pen itu?ada yg bilang harus di gerakin kakinya/terapi supaya bentuk kakinya bisa normal kembali..
      trims

      Hapus
  7. Thanks gan ini sangat bermanfaat berhubung saya juga terkena cedera engkel makasih gan

    BalasHapus
  8. Thanks infonya gan, ini saya jg lg engkel

    BalasHapus
  9. Thanks infonya brooooo sippp lahhhh

    BalasHapus
  10. Thanks broooo infonya sip lahhh ........

    BalasHapus
  11. Infonya bermanfaat bgt gan, semoga sukses terus buat tulisan2 anda gan, dan semoga yg cidera sngkel (termasuk saya) segera sembuh apalagi diberi kesembuhan total, amin !!!

    BalasHapus
  12. Ok...mkasih banget info'y👍

    BalasHapus
  13. blog yang amat bagus dan penuh dengan infomasi .kami ingin menolong anda dalam menberi rawatan sakit ankle/buku lali . bersama kita mencegah masalah ini .

    kami juga menberi rawatan oriental (acupuncture+orthoroti + herba - herba cina halal) dan physiotherapy untuk rawatan lebih maklumat sila hubungi +60124520077 / email wmcphysiotherapy@gmail.com ataupun melawat kami di www.newhopemedic.com

    BalasHapus
  14. sangat membantu, ini gan kalau mau menghilangkan bekas jerawat

    BalasHapus
  15. Oh ya klo angkle penanganan tahap pertama itu rice,tpy gmn klo angkle nya udh smpe tahap seminggu?masih pake air ice atau air anget?

    BalasHapus
  16. Cara di atas masih bisa buat cidera yg udh hampir sebulan gak kunjung sembuh ?

    BalasHapus
  17. Gan dlu saya pernah jatuh dari tangga,posisix engkel saya tertekuk ke arah dalam,it sudah terjadi 2007 yg lalu,tidak saya beri penanganan,karna 3 hari stlah jatuh,kembali normal,tp setelah lama,semenjak 2015 sampai sekarang serg kambuh,gejalax it nyeri,lutut kaku,g bisa di tekuk apalagi kalau paggi hari,mohon pencerahan gan,apa yg harus saya lakukan????,karna di buat aktifitas kerja sungguh menyiksa

    BalasHapus
  18. Tiket Pesawat Murah Online, dapatkan segera di SELL TIKET Klik disini:
    selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di agen.selltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
    No handphone : 085365566333
    PIN : D2E26405

    Segera Mendaftar Sebelum Terlambat. !!!

    BalasHapus
  19. I'm really enjoying the design and layout of your website.
    Qassim & QU

    BalasHapus
  20. Saya ankle uda lebih dari sebulan. Begitu jatuh, lgsg bengkak dibawa teman ke tukang kusuk. Setelah itu bengkaknya ga lgsg kempes tapi bertahap. Semalam bengkaknya hanya sedikit. Tapi ditekan masih sedikit sakit. Saya bermain basket dan skrg punggung kaki kiri saya nyeri. Apa yg harus dilakukan?

    BalasHapus
  21. Saya ankle uda lebih dari sebulan. Begitu jatuh, lgsg bengkak dibawa teman ke tukang kusuk. Setelah itu bengkaknya ga lgsg kempes tapi bertahap. Semalam bengkaknya hanya sedikit. Tapi ditekan masih sedikit sakit. Saya bermain basket dan skrg punggung kaki kiri saya nyeri. Apa yg harus dilakukan?

    BalasHapus