Selasa, 09 Juli 2013

" SEGALANYA TENTANG HAMSTER "


                                   
     (( See my Instagram at https://www.instagram.com/ajibondhan_k/ )) or ID= aji bondhan kottama ☺:)   Memelihara hewan peliharaan emang menyenangkan, selain sebagai hobi , dapat juga sebagai media bisnis, hamster ini cepat beranak, ya minimal 3 minggu sekali, perawatannya pun cukup mudah, hamster ini bisa dijual dengan harga Rp10.000,00 ,  Rp15.000,00 , Rp20.000,00, Rp25.000,00, Rp 30.000,00, Rp 45.000,00, bahkan ada juga yang mencapai Rp 85.000,00 , itu semua tergantung dari jenis hamsternya, oke di bawah ini saya perkenalkan dulu jenis jenis hamsternya




1. golden hamster : 

hamster ini berwarna kuning keemasan, dengan rambut yang halus, jinak jika kita pegang, dan penurut sekali.





  2. hamster mini Roborovski               

Hamster paling kecil diantara semuanya. Hamster dewasanya hanya berukuran sekitar 5 cm. Hamster ini memiliki gerakan yang paling lincah, suka berlari dan melompat. Cenderung lebih takut pada manusia dibanding yang lain.Hamster roborovski hanya memiliki 2 variasi, yaitu : normal dan white face (muka putih) dengan warna bulu kurang lebih sama yaitu punggung kekuningan dengan perut putih.
  • Kelebihan Hamster Roborovski: Salah satu hamster yang paling digemari juga karena ukurannya yang paling kecil dan mukanya yang paling berbeda dibanding hamster lain. Lincah dan suka bermain jadi terlihat lebih aktif.
  • Kekurangan Hamster Roborovski: Sulit dipegang karena biasanya mereka melompat jika berada di tangan manusia. Terlalu kecil untuk digenggam dengan nyaman. Sifatnya terlalu penakut. Hamster yang paling tidak cocok untuk anak-anak kecil yang baru mulai belajar memelihara binatang.


                               
 3. Hamster Mini Campbell

Hamster jenis ini merupakan hamster dengan ukuran imut dan memiliki variasi warna yang paling banyak. Ukuran si mungil campbell ini mulai dari 9 cm sampai 12 cm. Karakteristik sifat campbell sendiri yakni agresif dan sedikit lebih berani jika dibandingkan dengan jenis hamster lainnya. Keuntungan campbell adalah pilihannya yang banyak sebab terdiri dari banyak jenis. Akan tetapi, jenis hamster yang satu ini kurang cocok diperuntukkan bagi anak kecil sebab bisa dikata jenis ini agak "galak". Terutama jika Anda salah asuh atau salah dalam memperlakukannya..

1. Kelebihan Hamster Campbell
- Hamster campbell memiliki banyak variasi warna dan tipe bulu.
- Hamster campbell termasuk hamster yang pandai sehingga ada sedikit tantangan untuk menjinakkannya.

2. Kekurangan Hamster Campbell
- Karena banyak yang menggigit, hamster ini kurang cocok bagi anak kecil atau pemula yang tidak mau merasakan gigitan hamster.
- Karena banyak diminati dan mudah bereproduksi, hamster ini sering diternakkan secara masal sehingga banyak kualitasnya yang menurun.


4. Hamster Syrian 
  • Kelebihan Hamster Syrian: Hamster ini besar dan gerakannya relatif lambat dibanding jenis yang lain sehingga sangat cocok bagi anak-anak. Mudah dipegang dan mudah dijinakkan. Hamster Syrian juga memiliki banyak variasi warna, mulai dari yang polos sampai yang memiliki berbagai corak. Kelebihan lainnya adalah hamster Syrian adalah satu-satunya jenis hamster yang memiliki jenis bulu panjang (long hair). Hamster Syrian bersifat soliter (penyendiri), jadi bagi orang yang hanya ingin memelihara satu ekor hamster saja, dapat memelihara Syrian tanpa takut merasa hamster itu akan kesepian tanpa teman hamster lainnya.
  • Kekurangan Hamster Syrian: Hamster ini kurang populer lagi sekarang di Indonesia, walaupun di luar negeri hamster jenis ini masih sangat populer karena sebagian besar show hamster adalah untuk memperlombakan jenis ini. Kekurangan lainnya adalah pengeluaran uang yang lebih besar untuk makanan, kandang dan serbuk kayu, tentu saja karena ukuran tubuh yang besar memerlukan segala sesuatunya dalam jumlah yang lebih banyak. Selain itu hamster Syrian yang kita temui di Indonesia saat ini sudah banyak mengalami penurunan kualitas akibat diternakkan secara massal tanpa memperhatikan masalah gizinya.


  5. Hamster Mini Winter White
Hamster Winter White memiliki penampilan yang mirip dengan hamster campbell, tapi ada beberapa perbedaan ciri fisik. Hamster winter white dewasa sedikit lebih kecil dibanding hamster campbell, yaitu berukuran 7 - 9 cm. Umumnya memiliki 3 jenis variasi warna : Normal, Sapphire, dan Pearl.
  • Kelebihan Hamster Winter White: Persentase hamster winter white yang jinak lebih banyak dibanding jenis hamster mini yang lain. Hamster jenis ini bisa berubah warna menjadi putih jika ditempatkan di ruangan yang dingin dan kembali menjadi warna aslinya jika ditempatkan di ruangan yang bersuhu normal.
  • Kekurangan Hamster Winter White: Menurut pendapat saya sendiri hamster ini lebih malas dibanding hamster jenis lain, seperti lebih banyak menghabiskan waktunya untuk tidur dibanding bermain. Hamster winter white juga ada yang galak dan menggigit, untuk kasus seperti ini biasanya hamster jenis ini menggigit dengan lebih keras dan sering tidak mau melepas gigitannya. Berbeda dengan hamster campbell yang biasa menggigit tapi kemudian langsung kabur.


                                           Kesalahan Dalam Hal Memelihara Hamster 

    Cara memelihara hamster memang mudah dan sederhana. Hanya memberi makan rutin dua kali dalam sehari yakni pagi dan sore. Kemudian, rajin mengganti alas kandang. Mencuci wadah makan setiap kali hendak diganti dengan makanan baru. Serta membersihkan botol minuman sekali dalam seminggu. Ritual ini cukup mudah dan tidak akan mengkas waktu Anda. Meski demikian, masih ada beberapa pencinta hamster pemula yang salah memperlakukan peliharannya. Kesalahan umum tersebut antara lain:

    1. Menjadikan biji bunga matahari atau kuaci sebagai makanan utama. Ini tak baik, bisa membuat hamster terkena obesitas. Hamster yang kelewat gendut rawan terkena penyakit seperti serangan jantung! Jadikan biji bunga matahari dan juga kacang tanah hanya sebagai selingan. Sebaliknya, beri bebijian seperti kacang hijau dan kedelai setiap hari agar kebutuhan gizi hamster terpenuhi.
    2. Kesalahan selanjutnya yang sering dilakukan adalah menjemur hamster. Tahukah Anda bahwa hamster merupakan binatang nokturnal yang jauh lebih aktif di malam hari. Siang bagi mereka adalah waktu untuk tidur. Menjemur hamster secara berlebihan adalah sebuah kesalahan fatal. Jadi, cahaya matahari baik tapi tidak dalam jumlah berlebih!
    3. Memberi makanan berbumbu. Hal ini juga sebuah kesalahan. Tahukah Anda, makanan berbumbu akan membuat bulu hamster Anda rontok!
    4. Hamster yang bersih memang menggemaskan! Tapi memandikan hamster dengan air tidak masuk dalam daftar cara memelihara hamster yang baik. Dengan rutin membersihkan alas kandang baik itu pasir zeloit dan juga serbuk kayu saja sudah cukup! Memandikan hamster akan membuat ia sakit. Ingat, hamster merupakan hewan gurun yang sensitif terhadap air.
     





>






Download GAME dan APLIKASI lainnya :






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar