Selasa, 03 September 2013

STRUKTUR MAKROANATOMI ORGAN GENITAL HEWAN BETINA


(( See my Instagram at https://www.instagram.com/ajibondhan_k/ )) or ID= aji bondhan kottama ☺:) Vulva, terdiri dari dua labia commisura dorsalis dan ventralis, clitoris, dan vestibulum yang terletak diantara vulva dan vagina membentuk ujung caudal saluran kelamin betina (berasal dari entoderm sinus urogenitalis primitive dan ectoderm


Batas-batas:
    a.       Dorsal: rectum, anus
    b.      Ventral: dasar cavum pelvis
    c.       Lateral: m. semimembranosus, ligamentum sacro-ischiadicus
Celahnya disebut rima vulvae


Lubang muara urethra: orificium urethrae externum. Pada sapi dan babi disebelah caudalnya terdapat diverticulum suburethralis

Genitalis Interna

a.      Vagina, merupakan suatu struktur selubung muskuler yang terletak di dalam rongga pelvis di sebelah dorsal dari vesica urinaria (sekitar portio vaginalis uteri)  yang berfungsi sebagi suatu organ kopulatorik dan tempat berlalunya fetus pada saat kelahiran.

b.      Batas-batas:

a.      Sebelah dorsal: rectum

b.      Sebelah ventral:vesica urinaria

c.       Sebelah lateral: dinding cavum pelvis

d.      Ruang sekitar portio vaginalis uteri: fornix uteri

Batas antara vagina dengan vulva terdapat selaput hymen

c.       Uterus, merupakan suatu struktur selubung muskuler yang berfungsi untuk menerima ovum yang telah dibuahi.

Terdiri dari: cornua uteri, corpus uteri, cervix uteri

Cornue uteri: dalam cavum abdominis

a.       Sapi: spiral

b.      Babi: panjang, berkelok-kelok

c.       Kuda: cekung ke dorsal
d.      Anjing: pendek
1.      Corpus uteri:
a.       Sebagian besar dalam cavum abdominis
b.      Membrana mucosa, endometrium ruminansia terdapat caruncula
2.      Cervix uteri:
a.       Dinding tebal 


a.       Saluran: canalis cervicis

1)      Kuda dan babi: di sentral

2)      Ruminansia: di ventral

3)      Carnivora: di dorsal

b.      Lubang:

1)      orificium uteri internum

2)      orificium uteri externum

c.       Bagian cervix uteri yang menonjol ke vagian disebut portio vaginalis uteri

Gambar: Tipe-tipe uterus
Cervix merupakan suatu otot sphincter tubuler yang dindingnya lebih tebal daripada dinding uterus bagian lainnya maupun vagina. Suplai darah dan inervasi saraf  sama seperti di uterus dan vagina kecuali arteri utero-ovarial. Cervix terletak sebelah caudal dari uterus di rongga pelvis, atau di dalam cavum abdominis. Terdapat lubang  orificium uteri internum dan orificium uteri externum.
Tuba fallopii/Oviduct, mempunyai bagian caudal yang pendek dan bersambung dengan apeks cornua uteri disebut isthmus, sedangkan bagian utama tuba fallopii yang membentang dari isthmus ke infundibulum tubae uterinae (corong tuba fallopii) disebut ampulla. Dari ujungnya yang berbentuk corong  ini terdapat fimbriae atau jumbai-jumbai saluran telur yang mempunyai pertautan parsial ke lateral ovarium dan ke ligament uteri-ovarial di medial, selain itu juga terdapat lubang ostium abdominale tubae. Suplai darah berasal dari arteri utero-ovarial sedangkan inervasi sarafnya sama dengan suplai saraf pada ovarium dan uterus. Bagian dari oviduct yang merupakan tempat terjadinya fertilisasi adalah bagian ampulla-isthmus junction.


Ovarium, terdiri dari suatu stroma atau jala pengikat dan pembuluh-pembuluh darah yang dikelilingi oleh selaput peritoneum kecuali pada batas pertautan atau hilus di mana pembuluh darah dan saraf memasuki ovarium. Ovaria terletak pada batas cranial ligamentum lata pada lantai ventrolateral pelvis tepatnya pada margo lateralis apertura pelvis cranialis (sapi). Di dalam ovarium terdapat sel-sel interstitial, sel telur primitive, folikel sekunder yang sedang berkembang, folikel de Graff, folikel atretik atau yang berdegenerasi, dan corpora lutea yang sedang berkembang. Ovarium ditunjang dan dipertautkan oleh bagian ligamentum lata (mesovarium), sebelah dorsal dan lateral oleh ligament utero ovarial di sebelah medial. Kantung yang terbentuk oleh ligament utero-ovarial dan mesovarium disebut bursa ovarii atau ventrikel. Suplai darah ke ovarium adalah dari arteri ovarial dan suatu cabang arteri utero-ovarial. Inervasi saraf dari saraf-saraf otonom dari pleksus ovarial yang timbul dari plexus renalis dan aortic. Ovarium berbentuk oval ukurannya berbeda-beda (misal pada sapi panjangnya 1,3 sampai 5 cm, lebar 1,3 sampai 3,2 cm dan tebal 0,6 sampai 1,9 cm). ovarium kanan umumnya agak lebih besar dari pada ovarium kiri karena secara fisiologik lebih aktif (Getty,1975) 


I.       Komparasi Struktur Anatomi Organ Reproduksi Betina
a.       Pisces (Punctius javanicus)
1)      Ovarium, tampak seperti agar-agar jernih atau terlihat bintik-bintik karena berisi sel-sel telur (ovum).
2)      Gonad (ovarium) melanjut ke sinus urogenitalis dan bermuara pada porus urogenitalis .

b.      Amfibi (Rana sp)


Ovarium, berjumlah sepasang. Merupakan organ penghasil ovum, di sebelah cranialnya dijumpai jaringan lemak berwarna kuning jingga disbeut corpus adiposum. Ovarium tedapat dalam alat penggantungnya, yang disebut mesovarium.
Oviduct, merupakan sepasang saluran yang berkelok-kelok. Oviduct dimulai denagn bangunan seperti terompet, yang disebut infundibulum dan memiliki lubang tempat pintu masuknya ovum, yaitu ostium abdominale tubae uterinae.
Oviduct di sebelah caudal mengalami pelebaran yang disebut uterus, namun secara fisiologi uterus ini masih dianggap belum sempurna .

a.       Reptil (Mabouya multifasciata)
Ovarium, berjumlah sepasang dan memiliki bentuk ovoid dengan permukaan luarnya berbenjol-benjol, letaknya terpat di ventral columna vertebralis, kurang lebih pada sedikit caudal pertengahan badan.
Oviduct, terletak di sebelah lateral dari ovarium. Mulai dari sebelah cranial dengan pelebaran sebagai corong, ostium abdominale tubae uterinae. Bermuara di cloaca, di dinding dorsal agak cranial .

b.      Aves (Gallus gallus bankhiva)
1)      Ovarium, hanya terdapat di sebelah kiri saja. Ovarium digantung oleh alat penggantungnya, yang disebut mesovarium.
2)      Oviduct, pada binatang yang masih muda berupa saluran yang lurus. Oviduct ini bermuara pada cloaca (urodaeum) dan oviduct digantung oleh alat penggantungnya, yang disebut mesosalphinx. Oviduct terdiri atas infundibulum, magna dan isthmus.
3)      Uterus, Merupakan bagian dari tubae yang membesar dan mengandung banyak kelenjar. Uterus turut serta berperan dalam pembentukan kulit telur .

c.       Mamalia (Cavia cobaya)
Organa genitalia femimina interna :
1)      Ovarium, berjumlah sepasang dan terletak di sebelah caudal dari ren. Ovarium digantung oelh penggantungnya, yang disebut mesovarium. Dalam ovarium terdapat folikel-folikel de graf, berupa gelembung-gelembung yang terletak pada permukaan ovarium. Sel-sel folikel ini menghasilkan hormon estrogen.
2)   Oviduct, terdiri dari infundibulum, ampula, dan isthmus.
3)   Uterus, berjumlah sepasang dari ductus mulleri dan berbentuk berkelok-kelok.
 
a)      Cornu uteri
b)      Corpus uteri
c)      Servix Uteri
1)      Vagina, merupakan alat kopulasi pada hewan betina.
Organa genitalia femimina externa :
1)      Vulva, merupakan celah antara kedua labium majus.
2)      Labium majus, berjumlah sepsang. Labium majus kanan dan kiri membatasi celah, yang disebut vulva.
3)      Labium minus, terletak di sebebelah dalam labium minus.
4)      Clitoris, merupakan suatu alat kecil, homolog dengan penis.



Getty, R. 1975. The Anatomy of Domestic Animals. W.B. Philadelphia London Toronto: Saunders



Download GAME dan APLIKASI lainnya :






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar