Jumat, 28 Desember 2012

CARA MUDAH MENGHAPUS INSTALASI (OS) YANG LEBIH DARI 1

(( See my Instagram at https://www.instagram.com/ajibondhan_k/ )) or ID= aji bondhan kottama ☺:) Kali ini saya akan membagi ilmu tentang cara menghapus sistem operasi (OS) yang lebih dari satu dalam windows xp . dual atau triple OS ini bisa terjadi karena kita menginstal ulang lebih dari satu kali dalam 1 PC atau laptop. hal ini baru saja saya alami beberapa hari yang lalu, waktu itu saya install ulang windows xp di PC saya, karena saya baru belajar maka install ulang yang pertama dan kedua saya gagal ( belum sempurna ), akhirnya saya mengambil keputusan untuk menginstall ulang yang ketiga kalinya, dan akhirnya berhasil. tapi setelah saya restart sebelum masuk dekstop muncul pilihan SO yang akan digunakan ternyata muncul 3 pilihan windows xp professional.


hal ini tentu akan memperlama proses booting ,
gambar di bawah ini contoh terdapatnya instalasi yang lebih dari satu :


berikut ini solusinya :

klik Start --> Run --> ketikkan : c:/boot.ini -->> ok atau Enter
maka akan terbuka file boot.ini dalam bentuk notepad :( di bawah ini contoh yang terdapat 2 sistem operasi)


[boot loader]
timeout=30
default=multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(1)\WINDOWS
[operating systems]
multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(1)\WINDOWS="Windows XP Professional" /fastdetect
multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(2)\WINDOWS="Windows XP Professional" /fastdetect


delete salah satu dari dua OS yang ter-list di file boot.ini (menurut pengalaman kasus yang sering ada, OS yang bermasalah selalu installasi OS yang pertama bukan yang terkahir, maka yang harus di delete adalah list no 2). Setelah di delete save kembali file boot.ini (simpan saja dengan pilihan save dan bukan save as).

kalau anda takut salah , buatlah backup data yang terdapat di notepad tersebut dengan cara mengcopynya dan save di local disk D/local disk E, terserah anda.
Restart kembali pc dan tidak ada lagi menu option untuk pilihan boot saat log on windows. Mudah-mudahan bermanfaat.
jika nanti OS yang muncul salah ,jangan takut buka backup yang anda simpan tadi blok data anda lalu klik copy, lalu klik Start --> Run --> ketikkan : c:/boot.ini, klik paste di data yang salah itu

sekian tutorial dari saya,, semoga bermanfaat ,,
ingat KEBERHASILAN AKAN DATANG JIKA KAMU BERANI MENGAMBIL RESIKO,,

SELAMAT MENCOBA,,




Download GAME dan APLIKASI lainnya :






Tidak ada komentar:

Posting Komentar